1.Jelaskan bagaimana kondisi eropa barat sekitar abad ke-14-15, sehingga orang-orang eropa mencari dunia baru ke timur?

Jawab : Kondisi orang Eropa pada saat itu sangat khawatir dan kedinginan karena pasokan rempah-rempah sudah mulai menipis. Kekhawatiran itu ditambah dengan ditutupnya kota Konstantinopel oleh Turki Ustmani sehingga membuat bangsa barat berpikir keras untuk mendapatkan rempah-rempah dan akhirnya mereka memulai perjalanan dengan penjelajahan samudera dilengkapi alat-alat modern seperti kompas dll

2.Belanda termasuk bangsa yang terlambat datang ke indonesia dibanding dengan spanyol, portugis dan juga inggris. mengapa demikian. jelaskan dan tunjukkan dengan bukti terjadinya perebutan hegemoni bangsa-bangsa eropa di indonesia!

Jawab : Karena pada abad ke -15 Belanda masih menjadi vasal Spanyol dan terjadi Revolusi 80 tahun yang dimulai tahun 1566 dan menyebabkan Belanda dilarang berdagang di Lisabon

3.Jelaskan tentang kedaulatan kerajaan Mataram di bawah sultan agung!bagaimana dengan kedudukannya dibandingkan dg kekuatan VOC?

Jawab : Kedaulatan kerajaan Mataram di bawah Sultan Agung berada pada puncaknya, dengan kekuasaan Mataram meliputi hampir semua Pulau Jawa, kecuali wilayah Banten (di bawah Kesultanan Banten) dan Batavia (yang diduduki VOC).

4.Pangeran diponegoro memimpin perang tetap pada landasan nilai-nilai kesyukuran dan keimanan. jelaskan!

Jawab : Pangeran diponegoro memimpin perang dengan tetap bertumpu pada landasan nilai-nilai kesyukuran dan keimanan adalah karena ia tidak menginginkan timbulnya pertumpahan darah yang merugikan banyak masyarakat. Oleh karena keinginan menghindari kerugian dan pertumpahan darah dari semua pihak inilah maka ketika memimpin perang melawan Belanda dia mengungsikan pengikutnya ke Bukit Selarong. 


5.Jelaskan heroisme dalam perang tondano!

Jawab : Warga Minahasa, Sulawesi Utara, memiliki kisah heroik sendiri saat melawan penjajah Belanda. Kisah ini banyak disajikan lewat catatan-catatan sejarah ilmuwan daerah ini dan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat "Tanah Nyiur Melambai" sebutan lain daerah di ujung utara NKRI ini.

Dikutip dari laman Facebook Albert WS Kusen, seorang pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado, kisah heroik keberanian orang Minahasa melawan penjajah Belanda puncaknya terjadi pada tanggal 5 Agustus 1809. Digambarkan Kusen, situasi saat itu, dipenuhi asap mesiu, bau anyir darah dan daging bakar, bahkan seluruh kawasan danau dan sungai bagaikan permadani diselimuti darah (Moraya).


6.Tahukah kamu tentang posisi politik etis dan program pendidikan masa pergerakan nasional di Indonesia? Apa peran penting politik etis bagi munculnya Sumpah Pemuda?

Jawab :.dengan adanya politik etis justru membuka peluang negara indonesia melahirkan anak-anak bangsa yang terpelajar yang dapat membawa nama bangsa ke kehidupan yang cerah di masa mendatang. dengan lahirnya para pelajar tersebut membuka kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam membela diri dari pihak penjajah. mulculnya pelajar-pelajar ini juga menyebabkan banyak organisasi yang di bagun pula untuk mewujutkan pergerakan nasional bangsa indonesia di antranya:
⇒ budi utomo
⇒ serekat islam
⇒ Indische Partai (IP)
⇒ Perhimpunan Indonesia (PI)
⇒ PNI (Partai Nasional Indonesia)

7.Disamping persatuan, demokrasi dan jati diri keindonesiaan juga merupakan nilai penting dari Sumpah Pemuda. Coba Jelaskan?

 Jawab : Karena sumpah pemuda diambil dan merypakan bahasa indonesia.dengan arti lain indonesia adalah suatu negara yg memiliki persatuan demokrasi dan jati diri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah jawa hokokai

Makna Elenia Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Lengkap